Rabu, 10 Agustus 2011


Krisis akhlak, krisis moral, krisis ekonomi, krisis politik, krisis pemerintahan, krisis pendidikan, krisis bahan  bakar, wah lengkap dah pokoknya. Pada zaman pemerintahan pak Harto ternyata penataran P4 itu ada gunanya lo. Buktinya sekarang digalakkan lagi pendidikan karakter bangsa, yang sumbernya sama adalah Pancasila dan Agama. Jujur, disiplin, kerja keras, saling menghormati, tanggung jawab, religius, peduli lingkungan, rasa ingin tahu, cinta bangsa dan negara sudah mulai menjadi barang langka.

Kalau dulu penataran P4 yang isinya pemahaman butir-butir Pancasila itu tidak disetop begitu saja, mungkin sudah ada hasilnya yaitu awalnya mengerti dan  kemudian melaksanakan walau dengan terpaksa tetapi lama-lama menjadi kebiasaan menjadi karakter dan menjelma jadil budaya.

Sekarang serba sulit ini bukan berarti putus asa, tetapi mengajak saling bahu membahu. Anak sekarang itu tidak mau diberi nasehat, maunya ya contoh tauladan begitu, tetapi cari suri tauladan juga sulit kalau ada sedikit sekali lebih banyak yang tidak bisa diteladani. Yah berusaha saja sebisanya yang penting sudah berusaha dalam lingkup kecilpun tak apa dari yang mau dulu saja.

0 komentar: