Jumat, 01 Januari 2010


Untuk praktek pelajaran Jurnalistik bagi siswa kelas X Broadcast di sekolahku, kami terbitkan News Letter ukuran folio dibagi dua halaman, Untuk kontinuitas penerbitan maka sementara hanya berjumlah dua lembar atau delapan halaman. Isinya info tentang kegiatan dan perkembangan sekolah serta opini umum dari guru dan siswa.

Dengan media ini diharapkan siswa dapat berlatih wawancara, memotret, menulis berita, membuat lay out buletin, tahu perkembangan sekolah dengan biaya terjangkau mendapatkan manfaat yang besar.

Selama ini sudah terbit 2 kali, yaitu bulan Agustus terbitan pertama dan Bulang Oktober terbitan kedua. Tanggapan siswa belum begitu menggembirakan karena sebagian besar siswa menginginkan dalam bentuk buletin yang tebal dan full colour. Keinginan itu baik sekali, tetapi karena sekolah belum siap untuk itu, mengenai biayanya, naskahnya, proses pembuatannya sehingga sementara itulah.

Kami seharusnya tidak merasa tersinggung ketika beberapa siswa tersenyum mengejek kalau kami mewawancara siswa untuk dimuat atau diberitakan di Be Smart News letter , saya tanya kepada mereka sinis begitu, nggak level ya. Aku beri nasehat mereka Memulai berbuat sesuatu dari yang kecil lebih berharga dari pada yang besar tetapi hanya pada angan-angan. Berupaya dari kecil untuk menjadi besar lebih baik dari pada dari yang besar kemudian menjadi semakin kecil. Banyak sekali orang sukses yang berjuang keras mulai dari kondisi nol atau kecil.

Jadi ayo jangan sinis dulu sebelum mencoba berbuat sesuatu, menulislah, berkaryalah sesuatu agar Be Smart yang kecil dan sederhana ini bisa menjadi besar dan dapat dibanggakan.


1 komentar:

Riyadi Ariyanto mengatakan...

agi pak, untuk yang tahun 2010?