Jumat, 02 Agustus 2013


DI JEMBER, Perguruan Tinggi Negeri tertentu, di SD Negeri paforit tertentu, di TK paforit tertentu, menarik biaya sekolah diawal tahun pembelajaran berapapun besarnya dan harus kontan dalam jangka waktu naksimal 2-3 hari, itu sudah biasa, tidak ada yang ribut.
Beda sekali dengan di setingkat SMP dan terutama SMA/SMK menarik biaya sekolah itu susah sekali dan selalu saja ribut. Orang tua, kelompok masyarakat tertentu, media massa, anggota DPR, Pejabat terkait, semua mengerubut sekolah, bila misalnya ada satu dua kasus siwa atau orang tua dipublikasikan dengan judul seakan akan menghebohkan. heboh dah jadinya. Memang sih ada sekolah yang sedikit lebih tinggi penetapan biaya, tetapi biasanya memang ada program sekolah yang beda atau lebih baik dari sekolah lain.
Ketika orang tua datang kesekolah selalu alasan tidak mampu, anaknya juga sekolah di SD tertentu, di SMP tertentu atau masuk Perguruan tinggi tertentu, sekolah juga memberi toleransi padahal lembaga apapun untuk bisa menjalankan tugasnya pasti memerlukan hal yang sama paling tidak Man, Money, Matrial.

0 komentar: