Jumat, 10 April 2009


Untuk menjadi baik, sukses, diterima di semua lingkungan kehidupan aduh sulitnya minta ampun. Tetapi janagan pernah mengatakan aku tidak bisa, katakanlah aku harus bisa. Sebab kalau tidak diupayakan ya resikonya jadilah biasa-biasa saja dan suatu saatnya kalah dalam bersaing dengan orang lain, bahkan mungkin jadi pecundang. Nih satu senjata lagi untuk diterapkan agar digdaya seperti Prabu Puntodewo (tokoh pewayangan) yang soft skillsnya bagus. Secara teori tentang soft skill menurut Prof. Dr. Ir. H. Suhardjono, Dipl.HE., M.Pd. dalam makalahnya sebagai berikut :
Apa sih Soft Skills
Adalah Ketrampilan (skills) seseorang dalam :

• berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILLS), dan
• mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILLS)

Modal sukses
• Kompetensi akademik (teknis , hard skills) 20%
• Kompetensi non akademik (soft skills) 80%

Hard skills adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya.
Insinyur mesin menguasai ilmu dan teknik permesinan, Seorang pedagang menguasai Ilmu menjual, Seorang pemain sepak bola menguasai teknik sepak bola, Seorang Guru menguasau metodik dedaktik dan materi mengajar, Dokter harus mumpuni bidang ilmu kedokteran, Sekretaris mahir mengetik manual, komputer, menghendel teleon dan lain-lain.
Setiap profesi mempunyai hardskill yang khusus, juga softskills merupakan kemampuan yang harus dimiliki di setiap profesi kalau tidak, kaku seperti robot.

Peran Soft skills
agar seseorang lebih berhasil, lebih berfungsi sebagai anggota keluarga, kumunitas, dan dunia kerja

Macam-macam Soft skills
Menurut survey yang dilakukan di Amerika, Canada dan Inggris, ada 23 macam soft skills yang harus dilakukan agar seseorang dapat lebih berhasil dan lebih berfungsi sebagai anggota keluarga, komunitas dan dunia kerja

1. Inisiatif
2. Kemauan belajar
3. Komitmen
4. Motivasi
5. Berfikir kritis
6. Bersemangat
7. Dapat diandalkan
8. Komunikasi lisan
9. Kreatif.
10. Kemampuan analitis
11. Dapat mengatasi stress
12. Menejemen diri
13. Menyelesaikan Persoalan
14. Berkooperasi
15. Flexible
16. Kerja dalam TIM
17. Dapat meringkas
18. Mandiri
19. Mendengarkan
20. Tangguh
21. Berargumen Logis
22. Manajemen Waktu
23. Etika integritas diri

Diatas itu soft skils ala barat, tetapi di Indonesia boleh ditambah, misalnya Disiplin, sopan santun, senyum, salam dan sebaginya.
Menurut saya Hard skills lebih gampang di upayakan karena ilmu katon kata orang jawa, secara fisik bisa dilihat. Lhaaa kalau soft skills itu ilmu ghaib (Jokes) tidak kelihatan tetapi bisa dirasakan jadi lebih sulit, tetapi sulit bukan berarti tidak bisa, pasti bisa aku harus bisa.

0 komentar: